get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Minuman Berkafein Bisa Sebabkan Penyakit Diabetes! Pecinta Kopi Perlu Waspada nih

Mengenal Apa itu Penyakit Ain dalam Islam, dan Tata Cara Menghindarinya

Senin, 15 April 2024 | 04:53 WIB
header img

Melihat pengertian tersebut dapat ditarik pemahaman bahwa ain ada dua macam. Pertama, pandangan dari orang yang memiliki tabiat buruk yang dalam hatinya terdapat rasa hasad, dengki, dan ingin mencelakai terhadap orang yang dipandangnya.

Cara mencegahnya bisa terus berdoa yang pernah dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Sebab, Rasulullah menjadikan ain ini sebagai bagian dari sesuatu yang dianggap berbahaya dan patut untuk diwaspadai.

Hal ini salah satunya dapat dilihat dari isi doa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang berisi bentuk permohonan perlindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala atas ain seperti dalam doa berikut:

: أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua setan, binatang yang beracun, dan ain yang menyakitkan." (HR Bukhari)

Membaca doa tersebut merupakan salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit ain. Wallahu a'lam bisshawab.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://muslim.okezone.com/read/2022/12/13/616/2725923/mengenal-apa-itu-penyakit-ain-dalam-islam-dan-cara-menghindarinya

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut