get app
inews
Aa Read Next : Kades Domas: Terima Kasih Kepada Kapolres Serang Atas Kunjungan dan Bantuan Bansosnya

Iptu Umbaran yang Nyamar Jadi Wartawan, Diungkap Wartawan Blora: Sempat Bersitegang dengan Polisi

Jum'at, 16 Desember 2022 | 15:03 WIB
header img
Iptu Umbaran Wibowo mendadak viral di media sosial usai dilantik jadi Kapolsek Kradenan, Blora. Anggota Polri itu ternyata pernah jadi kontributor TV. Foto/Tangkapan Layar

Dia juga menceritakan pengalaman menariknya ketika liputan bareng Iptu Umbaran Wibowo beberapa tahun lalu di Mapolres Blora. "Waktu itu Mas Bowo juga sempat sesekali bersitegang dengan polisi karena menghalangi tugas kami sebagai wartawan," ujarnya.

Dia mengatakan, saat mereka sedang liputan, pihak humas polisi sempat menghentikan proses wawancara karena dianggap cukup. Meski sempat bersitegang, wartawan akhirnya mengalah.

Wartawan lain di Blora, Heri Purnomo, sebelumnya juga tidak mengetahui jika Umbaran Wibowo adalah polisi. "Jadi saya sejak 2015 jadi kontributor iNews TV, kenal Umbaran Wibowo itu ya sebagai kontributor TVRI," kata Heri saat dihubungi via telepon pada Rabu (14/12).

"Karena sama-sama kontri TV, sering liputan bareng, dan tidak tahu kalau dia itu seorang polisi," imbuh Heri yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora.

Heri mengaku baru tahu teman liputannya itu seorang polisi setelah Umbaran diangkat menjadi Kanit Intel Polres Blora pada 2021. Saat itu Heri belum menjadi Ketua PWI Blora.

Sampai akhirnya dia mulai dinas pertama kali di Polres Blora di 2021 sebagai Kanit Intel Polres Blora, baru tahu kalau dia polisi Waktu itu ketuanya (PWI Blora) masih almarhum Mas Wahono," ungkapnya.

Umbaran cukup lama menjadi anggota PWI. Heri sendiri tidak tahu secara pasti kapan Umbaran mulai tergabung di PWI. "Saya kurang tahu, karena saya jadi kontributor iNews TV tahun 2015. Umbaran Wibowo sudah di PWI," ungkapnya.

Heri baru menjadi ketua PWI Blora sejak Maret 2022. Dia mengaku pernah melayangkan surat kepada PWI Jawa Tengah soal Umbaran. Umbaran pun undur diri dari keanggotaan PWI saat menjabat sebagai Wakapolsek Blora Kota

Pertengahan Tahun 2022 ia dilantik menjadi Waka Polsek Blora kota. Saya sebagai ketua sebelumnya sudah melaporkan ke PWI Jateng. Dan sewaktu menjadi Wakapolsek dia mengundurkan diri sebagai anggota PWI," ujar Heri.

Untuk diketahui, Iptu Umbaran Wibowo menjabat sebagai Kapolsek Kradenan, Senin (12/12/2022) lalu. Upacara serah terima jabatan pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polres Blora digelar di halaman depan Mapolres Blora. Upacara dipimpin Kapolres Blora AKBP Fahrurozi.

Artikel ini sudah tayang di iNews.id 

https://jateng.inews.id/berita/wartawan-blora-ungkap-aktivitas-iptu-umbaran-polisi-jadi-kontributor-tv-ternyata

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut