get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi Batuk di Rumah dengan Alami, Berikut 5 Tipsnya

Masih Takut Gunakan Obat Sirup untuk sang Buah Hati, Ini Kata Kemenkes Obat yang Aman

Kamis, 05 Januari 2023 | 09:53 WIB
header img
Ilustrasi obat sirup. Foto: Istimewa

SERANG, iNewsBanten - Kasus gagal ginjal akut (GGA) di Indonesia dikatakan sudah tidak ada lagi penambahan kasus baru. Meski kementerian kesehatan (kemenkes) menyebutkan bahwa penyebab peningkatan kasus gagal ginjal akut itu adalah karena obat sirup yang tercemar, namun faktanya sampai saat ini, masih belum dipastikan, apakah penyebab utamanya adalah benar karena obat sirup itu. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya masih terus mendalami kasus, dan melacak kondisi anak-anak yang pernah terkena GGA, yang mayoritas korbannya ialah usia anak-anak.

"Kita sekarang sedang melacak kembali kondisi anak yang kena gga. Sekarang memang secara klinis mereka sudah sembuh ginjalnya. Sekarang kita juga mendengar, ada yang berpengaruh ke organ lainnya, kita akan dialami dan cek apakah memang karena gga atau karena ada penyakit lainnya," kata Menkes Budi kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, setelah penarikan peredaran obat sirup berbahaya, memang cukup signifikan mengurangi kasus gagal ginjal akut pada anak. Saat ini obat sirup yang aman dikonsumsi sudah dizinkan untuk diedarkan.

Namun, secara umum masyarakat, terutama para orang tua masih merasa bingung bagaimana cara mengetahui obat sirup yang aman dikonsumsi untuk anak saat ini. Sebab diakhir tahun 2022, sempat heboh soal dugaan obat sirup anak tercemar zat beracun (toksik) EG dan DEG, hingga sebabkan gagal ginjal akut pada anak-anak.

Berikut penjelasannya yang dirangkum oleh MNC Portal dari Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

1. Para orang tua harus membuka laman atau tautan bit.ly/bpom-sirup-obat-aman. Anda bisa langsung klik atau copy-paste tautan ini dikolom pencarian google.

2. Para orang tua bisa langsung mengetik nama obat/produk sirup anak dikolom pencarian (search). Contohnya, ketik OBH maka hasil pencarian akan keluar.

3. Setelah para orang tua, mengetik nama produk obat sirup jangan lupa klik tombol search. Dengan begitu, hasil penulusuran dari nama produk akan keluar dengan informasi yang detail (lengkap).

4. Apabila obat atau produk obat sirup anak yang dicari, keluar hasilnya maka termasuk obat yang aman untuk dikonsumsi. Jika tidak keluar, bisa saja nama produk obat sirup tersebut tidak aman.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://health.okezone.com/read/2023/01/05/481/2740489/begini-cara-tahu-obat-sirup-yang-aman-dikonsumsi-bagi-anak

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut