get app
inews
Aa Read Next : Berikut 6 Larangan Ibu Hamil pada 8 Bulan, No 3 Efek Buruk Bagi Janin

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo Pangdam III Siliwangi : Infanteri Modern yang Multioperasi

Sabtu, 04 Februari 2023 | 18:57 WIB
header img
Mayjen Kunto Arif Wibowo (foto istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Dalam sejarah kemiliteran, satuan infanteri dinyatakan sebagai satuan tertua sekaligus andalan utama dalam sebuah pertempuran. Karakteristiknya memang dibedakan pada wilayah masing-masing. Seperti wilayah Timur Tengah yang banyak mengandalkan kekuatan Kavaleri (ciri khas mobilitas cepat dan awalnya menggunakan sarana kuda sebagai kendaraan). Begitu pun di wilayah Eropa.

Untuk Indonesia dan umumnya negara di Asia, ujung tombak adalah Infanteri yang punya ciri sebagai pasukan pejalan kaki, dilengkapi senjata ringan, dan bisa bergerak lincah masuk ke semua sisi. 

Pertempuran kota atau pun hutan, umumnya mengandalkan Infanteri untuk bisa menundukkan sebuah wilayah. Dukungan satuan lain memang diperlukan, tetapi Infanteri akan jadi barometer apakah sebuah wilayah sudah dikuasai atau belum.

Ditilik sejarah, peristiwa heroik Palagan Ambarawa adalah titik awal peletakan HUT Infanteri atau sering disebut sebagai Hari Juang Kartika/Hari Juang TNI AD. Peristiwa ini juga menegaskan bahwa kekuatan Infanteri merupakan ikon dari TNI AD, walaupun di kesatuan lain (TNI AU dan TNI AL) juga memiliki unit dengan nama sama.

Untuk peperangan hutan ataupun peperangan gerilya, Infanteri harus bergerak di depan. Itulah sebabnya mengapa dalam konteks kasus konflik di Papua, Korps Infanteri harus jadi lini utama. 

Batalyon Infanteri menjadi kelompok yang harus masuk langsung ke jantung musuh. Wilayah perbatasan negara juga menjadi tempat penting penempatan korps satu ini. Mereka wajib menjaga marwah negara dengan motto “cari, dekati, hancurkan.”

Dikarenakan kekhasannya yang bergerak lincah dan mengandalkan pergerakan di darat, maka Infanteri dibekali dengan kemampuan individual yang mumpuni. Persenjataan ringan (agar memudahkan mobilitas), keahlian bela diri individu, kemampuan bertahan hidup (survival), termasuk kemampuan komunikasi sosial, menjadi sisi yang harus dikuasai setiap prajurit.

Tampak bahwa kemampuan utama Infanteri terbagi menjadi dua unsur utama, yaitu mampu bertempur menghadapi musuh secara nyata dan mampu beradaptasi serta berkolaborasi dengan penduduk. 

Ini syarat wajib, karena Infanteri berada di masyarakat. Musuh hanya bisa ditundukkan jika Infanteri mendekat secara fisik, dengan itu Infanteri harus ada secara fisik pula.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut