get app
inews
Aa Read Next : Pasca Lebaran, Pelabuhan Panjang Lampung Tampung Pemudik KR2 dan KR4 Tujuan Pelindo Ciwandan

Inilah Sejarah Panjang yang Berbeda Antara Kota Solo dan Surakarta

Minggu, 31 Desember 2023 | 05:58 WIB
header img
Inilah Sejarah Panjang yang Berbeda Antara Kota Solo dan Surakarta (foto istimewa)

SOLO, iNewsBanten - Ini sejarah Surakarta pernah menjadi kerajaan Majapahit, lalu kenapa Surakarta disebut Solo? ada sejarah panjang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Selama ini masyarakat lebih familiar dengan Solo. 

Namun demikian, banyak orang yang mempertanyakan apa perbedaan Surakarta dan Solo. Keduanya umum dianggap sebagai dua nama berbeda, meski sebenarnya merujuk pada satu sasaran yang sama.

Dalam sejarahnya, Surakarta pernah menjadi Kerajaan Mataram hingga Kerajaan Surakarta. Bahkan pernah juga menjadi daerah istimewa pada era awal kemerdekaan Republik Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, Surakarta yang luas wilayahnya 44,04 kilometer persegi merupakan kota terbesar ketiga di Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang. 

Surakarta pernah dipimpin oleh Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode, sebelum jadi Presiden. Kini, putra sulungnya yakni Gibran Rakabuming Raka yang memimpin Kota Solo.

Nama resmi kota ini sejak dulu memang Surakarta. Namun sebutan familiarnya Solo. Padahal Solo merupakan nama sebuah wilayah di Surakarta yaitu Desa Sala, kawasan berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo.

Kata Solo sebenarnya diambil dari nama sebuah tanaman yang sejak dahulu dipercaya banyak tumbuh subur memenuhi wilayah ini yaitu Sala. Hal ini juga didukung oleh hasil penelitian mendalam terhadap satu buah pohon di halaman Keraton Surakarta.

Tetapi, penyebutannya Solo muncul sejak para kolonial Eropa memasuki daerah ini. Pengucapan kata Solo untuk menyebut Sala berlanjut terus-menerus hingga sekarang.

Sementara menurut penjelasan buku berjudul Kenangan Emas 50 Tahun Surakarta, nama Surakarta muncul di Desa Sala berawal dari peristiwa Bedhal Keraton, yaitu perpindahan Keraton Kartasura yang dirusak oleh pemberontak Cina.

Masuknya Keraton Surakarta di Desa Sala terjadi pada 17 Februari 1745 yang juga menjadi lahirnya Kota Sala sebagai pusat Kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang baru.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut