get app
inews
Aa Read Next : Sering Makan Pedas! Tak Hanya Berdampak Buruk bagi Kesehatan Lambung, Ternyata Gigi juga Bisa Rusak

Dinobatkan jadi Makanan Ikan Terenak Nomer 4 di Dunia, Ternyata Pempek bukan Nama Asli Makanan Ini

Rabu, 10 Mei 2023 | 06:53 WIB
header img
Pempek Makanan olahan khas Palembang yang menjadi makanan ikan paling enak nomer 4 di Dunia (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Belum banyak orang yang tau, Pempek yang biasa kita makan saat ini dinobatkan sebagai makanan terenak ke-4 di dunia. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan mengalahkan sushi dari Jepang. Namun siapa sangka bahwa nama kudapan asli Palembang ini bukan Pempek?

Selama ini mungkin kita mengenal makanan berbahan dasar ikan tenggiri ini dengan nama pempek. Mengutip dari laman Instagram Pesona Indonesia, pempek memiliki nama asli Kalesan.

Kelesan adalah makanan adat dari Rumah Limas yang memiliki sifat dan kegunaan tersendiri. Dinamakan Kelesan, karena pempek bisa dikeles atau bisa disimpan lama.

Mulanya pempek dibuat oleh orang Palembang yang selanjutnya dibawa oleh orang China dan dijajakan di Masild Agung dan Masjid Lama Palembang pada tahun 1916. Saat ini kebanyakan pempek terbuat dari ikan tenggiri. Ternyata dahulu pempek berasal dari ikan belida.

Namun karena ikan belida mulai sulit ditemukan, maka penjual menggantinya dengan ikan tenggiri. Dilansir dari beberapa sumber, saat ini ada lebih dari 280 UMKM di Palembang menjual pempek dan olahan sejenis.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut