Logo Network
Network

Sering Mencampur Bahan Bakar di Kendaraan Anda? Simak 6 Tips Berikut ini Agar Mobil Anda Lebih Awet

Awan Setiawan
.
Rabu, 28 Februari 2024 | 21:08 WIB
Sering Mencampur Bahan Bakar di Kendaraan Anda? Simak 6 Tips Berikut ini Agar Mobil Anda Lebih Awet
Ilustrasi pengisian bahan bakar kendaraan di SPBU (Foto: MNC Media)

SERANG, iNewsBanten -  Sering kali pengguna mobil sering asal membeli atau mengisi bahan bakar minyak (BBM) di setasiun bahan bakar umum (SPBU), Namun ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan saat mengisi BBM agar tidak menimbulkan masalah pada mobil.

Selama ini banyak pemilik mobil hanya mengisi BBM tanpa memperhatikan beberapa hal yang sebenarnya penting untuk membuat kendaraan awet. Berikut beberapa tips memilih bahan bakar untuk ponsel:

1.Periksa rekomendasi pabrik

Pabrik mobil biasanya merekomendasikan jenis bahan bakar tertentu yang sesuai dengan mesin mobil. Pastikan untuk mengikuti rekomendasi tersebut agar mobil dapat berjalan dengan optimal.

2.Perhatikan oktan

Oktan adalah angka yang menunjukkan kemampuan bahan bakar untuk menghindari detonasi atau ledakan prematur pada mesin. Umumnya, mobil modern membutuhkan bahan bakar dengan oktan antara 91-95. Pastikan untuk memilih bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil.

3. Jangan gunakan bahan bakar ilegal

Bahan bakar ilegal atau tidak terdaftar seperti solar non subsidi dapat merusak mesin mobil dan mengurangi kinerja mobil. Umumnya pemilik mobil menggunakan bahan bakar ilegal adalah karena pertimbangan harga yang lebih murh.

4. Hindari mencampur bahan bakar

Mencampur bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil dan memperpendek umur mesin. Usahakan untuk konsistensi pada bahan bakar yang digunakan.

5. Pilih SPBU terpercaya

stasiun Pastikan pengisian bahan bakar yang Anda gunakan memiliki reputasi yang baik dan menyediakan bahan bakar berkualitas.

Follow Berita iNews Banten di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini