get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Gejala Power Steering Anda Rusak! Pengguna Mobil Wajib Tau Ya

Wajib Tau! 5 Ciri Fuel Pump Mobil Anda Sudah Rusak dan Perlu Diganti

Rabu, 17 Januari 2024 | 11:05 WIB
header img
Foto Fuel Pump Mobil (doc istimewa)

JAKARTA, iNewsBanten - Fuel pump merupakan komponen penting dalam sistem bahan bakar mobil. Komponen ini bertugas mengalirkan bahan bakar ke tangki mesin.

Letak fuel pump berada di dalam tangki bahan bakar. Fuel pump menyalurkan bahan bakar menggunakan selang. Jika komponen ini rusak, ada beberapa gejala yang dialami mobil.

Oleh karena itu, ketika mobil Anda menunjukkan gejala ini, ada baiknya segera dilakukan pengecekan. Berikut ciri fuel pump bermasalah sebagaimana dikutip dari Auto2000.

1. Mobil sulit dinyalakan

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menghidupkan mesin mobil, terutama setelah mobil berada dalam keadaan mati dalam waktu yang lama, bisa jadi ada masalah pada fuel pump.

Kerusakan fuel pump mengakibatkan bahan bakar tidak mampu memberi tekanan yang cukup untuk sekadar menghidupkan mesin.

2. Mobil jadi boros

Kerusakan fuel pump mengakibatkan konsumsi bahan bakar mobil semakin besar. Fuel pump yang tidak bekerja optimal mengakibatkan pembakaran tidak efisien dan lebih tinggi dibandingkan biasanya.

3. Performa mesin menurun

Kerusakan pada fuel pump maka akan berpengaruh kepada proses pembakaran pada mesin. Jika fuel pump tidak mampu memberikan bahan bakar yang seharusnya ke mesin, maka performa mesin akan berkurang.

4. Lampu indikator injeksi menyala

Pada mobil yang sudah canggih, masalah pada fuel pump dapat dilihat dari ada lampu indikator injeksi menyala. Nyala lampu indikator tersebut menjadi peringatan jika terjadi kerusakan fuel pump.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut