get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi Batuk di Rumah dengan Alami, Berikut 5 Tipsnya

Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Antara KIS dan BPJS Dalam Layanan Kesehatan

Jum'at, 17 Mei 2024 | 07:53 WIB
header img
Kartu KIS dan BPJS (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Banyak jadi perdebatan antara Perbedaan KIS dan BPJS yang perlu diketahui. Masyarakat pun kerap bingung dengan perbedaan di antara kedua layanan kesehatan ini.

Mengutip promkes.go.id, Jumat (14/4/2023), BPJS merupakan badan penyelenggara jaminan sosial dari JKN yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2014. BPJS menawarkan dua jenis BPJS yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan Kartu Indonesia Sehat adalah kartu identitas peserta jaminan kesehatan nasional yang diluncurkan pada masa pemerintahan Jokowi.

Kehadiran KIS dan BPJS bisa dibilang merupakan ragam dari layanan kesehatan atau asuransi kesehatan yang memiliki tujuan sama yaitu untuk menjamin kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Meskipun secara tujuan sama, namun tetap saja ada perbedaan antara KIS dan BPJS? Dirangkum Okezone simak di bawah ini.

1. KIS merupakan Program Jaminan Kesehatan SJSN (JKN) yang diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu sedangkan BPJS merupakan Badan Hukum Publik yang menyelenggarakan dan mengelola jaminan kesehatan.

2. BPJS merupakan jaminan kesehatan yang diwajibkan setiap warga Negara Indonesia baik yang mampu atau tidak. Sementara KIS hanya diperuntukkan bagi seseorang dengan kondisi ekonomi sangat lemah.

3. Perbedaan ketiga yaitu dari segi pemakaian. Jika KIS bisa digunakan di mana saja, baik klinik, puskesmas atau rumah sakit apapun yang ada di Indonesia. Sedangkan BPJS hanya berlaku di klinik/puskesmas yang sudah didaftarkan saja.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut