get app
inews
Aa Read Next : Stres Bisa Berubah Pola Makan Seseorang, Kenapa?

Malas Makan Berat Saat Sahur atau Berbuka Puasa? Berikut Buah yang Baik Agar Anda Tidak Dehidrasi

Selasa, 02 April 2024 | 02:20 WIB
header img
Semangka salah satu buah yang mengandung banyak air (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Malas makan nasi dan ingin mengganti menu dengan buah saat berpuasa, salah satu yang anda harus perhatikan adalah pemenurhan cairan dalam tubuh. Pasalnya, ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka akan ada banyak fungsi tubuh yang terganggu.

Ahli gizi dan dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Nazhif Gifari, S. Gz, M.Si menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menghindari dehidrasi tersebut adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

“Tentu sangat banyak manfaatnya kalau mengonsumsi buah saat puasa. Karena pada dasarnya, konsumsi air kita tetap harus sama, (yaitu) delapan gelas," kata Nazhif seperti dilansir dari Antara.

Buah yang memiliki kadar air tinggi antara lain adalah melon, pepaya, semangka, pir dan apel. Selain mengandung air, buah-buah tersebut juga mengandung vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Buah-buahan itu juga mengandung mineral berupa kalium, kalsium dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama ketika berpuasa. "Jadi, buah penting juga dikonsumsi saat sahur atau berbuka,” kata Nazhif.

Ketika sahur, Nazhif menganjurkan untuk mengonsumsi buah beberapa saat sebelum waktu imsak, setelah makan makanan berat. Buah yang memiliki kadar air tinggi cocok dikonsumsi saat sahur supaya seseorang tidak cepat merasa haus ketika seharian berpuasa.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut