get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Sering Makan Saat Panas Bisa Picu Kanker! Ini Penjelasan Dokter

Asam Lambung Naik! Ini Dia 6 Makanan yang Bisa Anda bawa Kekantor atau Saat Berpergian Keluar Rumah

Kamis, 18 April 2024 | 07:48 WIB
header img
Ilustrasi makan biskuit (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Saat asam lambung naik perut terasa mual dan jadi tak enak badan. Jika mengalami hal itu, maka harus segera mencari bantuan untuk mengatasinya.

Sebelum asam lambung semakin parah, alangkah baiknya untuk segera diobati dengan pergi ke dokter. Namun, jika ada perasaan mual, jangan langsung menghindari semua makanan. Cobalah mengonsumsi 5 makanan yang bantu meredakan mual asam lambung seperti yang dikutip dari Everyday Health dan Okezone, apa saja?

1. Kacang-kacangan

Saat kurang protein maka bisa membuar rasa mual semakin parah. Jadi segeralah cari makanan berprotein, seperti kacang-kacangan yang mudah dicerna. Mereka akan dengan cepat mengisi kembali energi Anda yang terkuras dan membantu menghilangkan rasa mual Anda.

“Mual karena rasa lapar yang berlebihan, gula darah rendah, atau kehamilan mungkin bisa disembuhkan dengan makanan berprotein dan lemak dalam kacang-kacangan,” kata Palinski-Wade.

2. Apel

Sedikit serat akan membantu menghilangkan bahan kimia penyebab mual dari sistem Anda, tetapi terlalu banyak serat dalam satu waktu dapat membuat Anda merasa lebih buruk.

“Serat memperlambat pencernaan sehingga memperlambat transit usus mungkin dapat membantu memperlancar pencernaan dan meredakan mual,” kata Erin Palinski-Wade, RD, CDCES , penulis Diet Lemak Perut untuk Dummies.

Tetapi Palinski-Wade memperingatkan bahwa serat juga dapat berdampak sebaliknya dan memicu peningkatan rasa mual.

"Saya tidak akan merekomendasikan makanan berserat tinggi sebagai obat mual dalam segala keadaan,” ucap Palinski-Wade.

Untuk itu, dirinya menyarankan untuk mengonsumsi apel utuh sebagai camilan. Namun, jika merasa kesulitan dalam mencerna buah apel, cobalah untuk mengonsumsi jus apel kala sedang mual.

3. Biskuit

Makanan tinggi pati seperti roti dan biskuit mampu membantu menyerap asam lambung dan menenangkan perut yang mual.

“Sifat biskuit yang hambar membantu memuaskan rasa lapar tanpa bau atau rasa menyengat yang dapat meningkatkan rasa mual,” kata Palinski-Wade.

Makanan bertepung juga dapat membantu menyerap asam lambung dan menenangkan perut Anda. Namun, biskuit ini tentu tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, Palinski-Wade menyarankan untuk mengonsumsi biskuit secara perlahan dan teratur.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut