get app
inews
Aa Read Next : Bahaya Mengintai Anda Dengan Keadaan Ban Mobil Yang Kurang Angin, Begini Penjelasannya

Setelah Digunakan Mudik dan Perjalan Jauh, Pastikan Komponen Mobil ini Dalam Keadaan Baik

Kamis, 27 April 2023 | 20:44 WIB
header img
Hyundai (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Menggunakan kendaraan mobil untuk mudik, Baik pengendara dan kendaraan hal tersebut sangat lah melelahkan. Oleh karena itu, agar kondisi kendaraan bisa kembali seperti semula, ada baiknya untuk melakukan pengecekan kendaraan.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan kondisi mobil dalam kondisi yang prima setelah melakukan perjalanan jauh. Serta menghindari kerusakan saat digunakan sehari-hari.

Mobil yang telah dipakai mudik jarak jauh, beban angkut yang berat, serta mengalami kemacetan di sepanjang perjalanan perlu dilakukan pengecekan. Dikutip dari laman resmi Suzuki, berikut beberapa komponen yang perlu diperiksa setelah perjalanan mudik.

1. Oli mesin

Selama perjalanan jauh, oli mobil akan terus bekerja untuk melumasi mesin dan menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin, hal tersebut dapat membuat oli menjadi kotor dan berkurang volume sebab oli terbakar atau menguap.

2. Kaki-kaki

Selama perjalanan, anda akan menemui jalanan yang beragam tidak selamanya halus. Jalanan yang tidak rata seperti berlubang akan membuat kinerja kaki-kaki mobil lebih berat untuk menopang berat mobil. Perisak bagian shock, lower arm, ban, dan komponen kaki-kaki lainnya.

3. Rem

Rem adalah komponen keselamatan terpenting pada sebuah mobil. Perjalanan yang panjang ditambah dengan kondisi jalanan yang macet akan membuat rem bekerja secara terus menerus. Penting untuk memeriksa ketebalan kampas rem agar tetap dapat mengerem dengan optimal.

4. Filter bahan bakar

Berpergian menuju daerah-daerah memungkinkan untuk anda tidak menemukan bahan bakar yang sesuai dengan oktan kendaraam anda karena ketersediaan bahan bakar di daerah-daerah tertentu. Oleh sebab itu, penting untuk mengecek filter bahan bakar dan perlu diganti jika sudah kotor agar bahan bakar yang masuk ke ruang mesin tetap bagus.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut