get app
inews
Aa Read Next : Cara Perawatan Punya Motor Injeksi agar Mesin Tetap Awet

Berikut Tips Cara Membersihkan Ruang Mesin Kendaraan Anda, Agar Performa Mobil Lebih Baik

Rabu, 24 April 2024 | 19:05 WIB
header img
Ilustrasi membersihkan mesin mobil (doc istimewa)

JAKARTA, iNewsBanten - Agar mobil tetap dalam kondisi prima, pemilik kendaraan perlu merawat secara berkala dan juga rajin membersihkan. Bagian yang dibersihkan tidak hanya pada eksterior dan interior saja, tapi juga ruang mesin.

Menjaga kebersihan ruang mesin dapat membuat masa pakai kendaraan meningkat. Pembersihan ruang mesin secaraberkala dapat menghindari penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin.

Membersihkan ruang mesin juga bermanfaat untuk mengurangi hambatan sirkulasi udara dan sensor terganggu karena karat. Berikut cara membersihkan ruang mesin dikutip dari laman resmi Daihatsu:

1. Pastikan kondisi mesin dingin

Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan mesin dalam kondisi dingin. Jangan membersihkan mesin mobil ketika mesin dalam keadaan panas untuk mempermudah Anda dalam membersihkan mesin dan menghindari sisa arus listrik yang tersisa.

2. Siapkan peralatan

Anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti engine degreaser yang berguna untuk membersihkan mesin dari oli yang menempel. Sediakan juga lap plas chamois untuk mengelap bagian kasar pada mesin.

Selain itu, lap microfiber untuk lap lapisan halus pada mesin. Kemudian air bersih, selang, ember sikat, kuas, spons, dan sabun khusus mobil.

3. Perhatikan beberapa komponen

Sebisa mungkin untuk menutup semua bagian mesin yang sensitif seperti bagian kelistrikan, sistem injeksi, alternator, dan sensor dengan kain lap atau plastik.

Hal ini bertujuan untuk melindungi bagian-bagian tersebut dari air dan mencegah korsleting pada komponen-komponen tersebut.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut