get app
inews
Aa Read Next : Tak Mau Kena Karang Gigi, Coba 4 Tips Ini

Cegah Obesitas! Yuk Coba Olahraga ini, Agar Berat Badan Tetap Ideal dan Sehat

Minggu, 24 Maret 2024 | 20:02 WIB
header img
Ilustrasi Obesitas (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Khusus bagi mereka penderita berat badan berlebih (obesitas) tentu sangat dianjurkan.

Sebab obesitas bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan beberapa jenis kanker.

"Salah satu cara dapat membantu menurunkan berat badan adalah dengan membatasi jumlah kalori yang masuk melalui pola makan. Kemudian, cara lain adalah membakar kalori ekstra dengan berolahraga," keterangan dalam Healthline

Lantas olahraga apa saja cocok buat si obesitas? Berikut ulasannya,

1. Aerobik

Olahraga aerobik jadi salah satu opsi bagi penderita obesitas, sebabatihan aerobik meningkatkan detak jantung dan memompa darah. Latihan aerobik mungkin termasuk berjalan, joging, bersepeda, berenang, dan menari. Anda juga dapat berolahraga di mesin kebugaran seperti treadmill, elliptical, atau stair stepper.

2. Jalan kaki

Aktivitas ymjuga disebut olahraga yaitu jalan kaki atau berjalan. Ini adalah cara nyaman dan mudah bagi pemula untuk mulai berolahraga tanpa merasa kewalahan atau perlu membeli peralatan.

Selain itu, berjalan jadi latihan berdampak rendah, artinya tidak membuat sendi Anda stres. Sebuah studi selama 12 minggu terhadap 20 wanita dengan obesitas menemukan bahwa berjalan selama 50-70 menit atau 3 kali per minggu mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang masing-masing rata-rata 1,5% dan 1,1 inci (2,8 cm).

3. Lari (Jogging)

Saat seseorang mengalami obesitas juga bisa memilih olahraga lari atau sering disebut Jogging. Jogging dan lari adalah latihan yang bagus untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Melansir dari P2PTM laman Kementerian Kesehatan bahwa lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari atau minimal 150 menit/minggu seperti berjalan kaki minimal 10.000 langkah per hari.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut