get app
inews
Aa Read Next : Mitos atau Fakta, Orang dengan Kolesterol Tinggi Dilarang Mengonsumsi Daging Sapi?

Keunikan dan Legenda Pantai Tanjung Layar Sawarna Lebak Banten

Kamis, 29 Februari 2024 | 06:32 WIB
header img
Dua buah karang raksasa yang menyerupai layar perahu yang disebut tanjung layar (doc. Istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Menikmati liburan ke Pantai Sawarna, Banten menjadi ide yang bagus untuk menyegarkan pikiran. Pantai Sawarna kerap dijuluki sebagai surga tersembunyi di Tanah Jawara. Pantai Sawarna terletak di Jalan Sawarna Kilometer (KM) 12 Nomor 1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Mengutip laman resmi Pemprov Banten, kata 'Sawarna' kerap diartikan satu warna sebagai cerminan dari persatuan dan kesatuan masyarakat Sawarna yang berbagai dari berbagai suku bangsa itu.

Sedangkan pendapat lain menyebutkan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Sansekerta 'Swarna' yang berarti emas seperti diungkapkan oleh seorang pakar geowisata.

Selain itu, Pantai Sawarna, Banten memiliki mitos tentang dua buah karang raksasa yang menyerupai layar perahu. Konon itu adalah jelmaan dari dua buah kekuatan yang kelak dijadikan kapal oleh Sangkuriang.

Kapal itu dibuat sebagai syarat Sangkuriang menikahi Dayang Sumbi yang tidak lain adalah ibu kandungnya sendiri. Sayangnya Sang Hyang Widi murka akan tindakan Sangkuriang yang bersikeras ingin menikahi Ibunya.

Diamuklah semua peralatan pada kapal termasuk kedua layar tersebut. Dikisahkan bahwa kapal tersebut ditendang ke sebelah utara dan menjadi Tangkuban Perahu. Sedangkan layarnya ditendang ke sebelah selatan yang kemudian sekarang dikenal dengan Tanjung Layar.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut