get app
inews
Aa Read Next : Arab Saudi di Selimuti Salju Bagaikan Eropa! Apakah ini Pertanda Kiamat

NASA sebut Matahari akan Terbit dari Barat, Benarkah Dunia akan Kiamat?

Sabtu, 27 Mei 2023 | 07:02 WIB
header img
NASA sebut Matahari akan terbit dari Barat ternyata Hoak Foto: Ist

Terkait klaim tersebut, NASA mengatakan pihaknya tidak pernah membuat pernyataan tentang matahari terbit dari barat. Dihubungi AFP, NASA menegaskan bahwa klaim yang viral tersebut adalah salah alias hoaks.

"Pembalikan kutub magnet adalah fenomena nyata yang telah terjadi berkali-kali di masa lalu, dan ilmuwan di seluruh dunia mempelajarinya, tetapi pembalikan yang mengarah ke Bumi berputar ke arah yang berlawanan menyebabkan Matahari terbit di barat adalah salah," terang Associate Administrator untuk Komunikasi NASA, Bettina Inclan.

Dia mengatakan NASA dan organisasi ilmiah lainnya "terlalu sering menjadi target berita palsu dan klaim sains" , menambahkan: "Hoaks terbaru ini mirip dengan ramalan kiamat lainnya yang datang dan pergi."

Pada 2011, NASA telah menerbitkan artikel penjelasan pada tanggal 1 Desember 2011 tentang fenomena pembalikan medan magnet Bumi, menekankan bahwa fenomena ini telah terjadi selama ribuan tahun dan tidak ada hubungannya dengan tanda-tanda kiamat.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://news.okezone.com/read/2023/05/23/18/2818316/heboh-klaim-nasa-soal-tanda-kiamat-matahari-terbit-dari-barat-ternyata-ini-faktanya

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut