get app
inews
Aa Read Next : Usia Muda Sering Merasakan Sakit Saraf? Waspada Bisa Jadi Pemicu Kematian

Mengenal 4 Tipe dan Bahaya Penyakit Antraks! Yang Sempat Viral Penyebarannya di Gunung Kidul

Jum'at, 07 Juli 2023 | 21:49 WIB
header img
Sapi yang terkena penyakit antraks (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Penyakit antraks ternyata cukup kompleks. Pasalnya, penyakit ini memiliki 4 tipe yang berbeda. Setiap tipe antraks tersebut juga memiliki tingkat fatalitas yang berbeda-beda kepada manusia.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dr.Imran Pambudi, 4 tipe penyakit antraks tersebut dikenali berdasarkan portal masuknya. Diantaranya melalui kulit, saluran pencernaan, paru-paru, dan injeksi.

“Tipe antraks itu ada 4 jenis ya. Dan case fatality antraks ini bervariasi ya,” ujar Dr. Imran, dalam jumpa pers Kemenkes secara daring.

“Misalnya antraks kulit ratenya bisa sampai 25 persen. Dan kemudian yang antraks percernaan ini cukup tinggi dan bervariasi ya, mulai dari 25-75 persen,” lanjutnya.

Namun, menurut Dr.Imran, kasus antraks yang paling berbahaya adalah tipe antraks yang masuk melalui paru-paru. Pasalnya, tipe antraks satu ini memiliki potensi kematian yang terbilang tinggi, yakni mencapai 80 persen.

“Kemudian tipe antraks yang paling berbahaya adalah tipe paru-paru ya. Jadi yang perlu saya sampaikan itu case fatality ratenya bisa sampai 80 persen. Sehingga ini yang membuat penderita tadi tuh cepat untuk meninggal karena masuk ke paru-paru,” ungkapnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut