get app
inews
Aa Read Next : Awas! Dampak Buruk Anak Kecanduan Gawai, Bisa Obesitas hingga Malanutrisi

Saat Digunakan WiFi Anda Lemot! Mungkin Sedang di Bobol Orang Lain, Begini Cara Mengatasinya

Sabtu, 02 September 2023 | 10:43 WIB
header img
Wifi dibobol orang lain (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Berikut Trik cara mengetahui WiFi dibobol orang lain jadi salah satu informasi yang sangat berharga saat ini. Terlebih bagi pengguna WiFi yang sangat rutin.

Karena bila koneksi internet mengalami masalah kemungkinan karena kelebihan beban pengguna. Nah boleh jadi itu akibat WiFi yang telah dibobol. Nah, bagaimana cara mengetahui WiFi telah dibobol orang lain?

Sekitar 79% jaringan WiFi rumah menggunakan kata sandi lemah. Karenanya sangat rentan terhadap pembobolan. Jaringan WiFi yang telah dibobol berakibat pencurian data, infeksi malware, dan dimata-matai.

Berikut adalah cara mengetahui WiFi dibobol orang lain melansir dari AURA, Kamis (31/08/23), untuk dapat jadi pengetahuan bersama.

1. Mendapati Alamat IP Tidak Dikenal

Masuk ke antarmuka router dan periksa alamat IP secara rutin. Jika melihat alamat Ip tidak dikenal kemungkinan besar adalah peretas yang telah mengakses router.

2. Kecepatan Internet Lambat

Jaringan internet tidak secepat sebelumnya kemungkinan karena ada penyusup yang telah mengakses jaringan. Semakin banyak orang yang menggunakan jaringan, maka semakin sedikit bandwidth yang tersedia untuk menjelajah online.

3. Terdapat Aktivitas Aneh di Browser

Cara berikutnya untuk mengetahui WiFi dibobol orang lain ketika mengunjungi situs web dan secara otomatis dialihkan ke situs lain. Peretas kemungkinan telah masuk menyusup router dan pengubah pengaturan Sistem Nama Domain (DNS).

4. Menerima Pesan Ransomware

Ransomware merupakan sejenis malware yang mengancam korban dengan memblokir akses tertentu. Pembobol WiFi dapat menemukan informasi, data, atau foto sensitif dari perangkat Anda.

Mereka dapat menggunakan itu untuk memeras korbannya. Oleh karena itu, jika mendapat pesan ransomware boleh jadi jaringan WiFi telah diretas.

5. Mengubah Kata Sandi

Peretas dapat mengubah kredensial login setelah membobol router. Ini menyulitkan pengguna untuk masuk kedalam jaringan dan mengubah pengaturan.

Berikut cara yang harus dilakukan bila WiFi dibobol orang lain:

Atur Ulang Router ke Setelan Pabrik

Lakukan riset router secara paksa bila merasa WiFi dibobol orang lain. Ini berbeda dengan tombol reset normal. Reset pabrik dapat menghapus malware dan ransomware tertentu.

Mengubah Kata Sandi WiFi

Segera ubah kata sandi kredensial lama. Dengan mengubah kata sandi membuat peretas tidak dapat kembali masuk dan mengubah router. Hindari kata sandi lemah yang mudah ditebak peretas.

Demikian cara mengetahui WiFi dibobol orang lain dan cara memperbaikinya. Terimakasih.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://techno.okezone.com/read/2023/08/31/54/2874725/cara-mengetahui-wifi-dibobol-orang-lain

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut