get app
inews
Aa Read Next : Tips Cara Menghemat BBM Mobil Anda! Wajib Dicoba neh

Konsumsi Melinjo Picu Asam Urat, Mitos atau Fakta?

Sabtu, 18 Mei 2024 | 04:58 WIB
header img
Melinjo (Foto:list)

Cara Mengatasi Asam Urat Akibat Makan

Jika Anda gemar makan emping melinjo, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi naiknya kadar asam urat akibat konsumsi makanan ini? Sebenarnya, tubuh memiliki mekanismenya sendiri untuk menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh. Namun, jika kadarnya sangat berlebih, maka tentu saja Anda harus melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya:

Konsumsi Vitamin C

Dalam sebuah penelitian, suplemen vitamin C terbukti dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Maka dari itu, bagi Anda yang mengalami atau berisiko mengalami penyakit asam urat, cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dari jus jeruk, stroberi, jambu, dan tomat.

Minum Air yang Cukup

Selanjutnya adalah banyak mengonsumsi air putih. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kadar asam urat dalam darah, sehingga tidak berubah menjadi kristal-kristal di sendi yang dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Jangan Lupa Omega-3

Konsumsi omega-3 dari minyak ikan sangat baik untuk membantu mencegah munculnya penyakit asam urat. Karena diketahui bahwa omega-3 dapat menjadi pelumas bagi sendi, sehingga mencegah munculnya rasa nyeri akibat asam urat. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi glucosamine-chondroitin, bahan dasar kolagen yang dapat meremajakan sendi Anda. Kabar mengenai emping melinjo menyebabkan asam urat bukanlah isapan jempol belaka. Atas dasar itu, bagi Anda yang gemar mengonsumsinya, mulailah untuk membatasi porsi agar tidak berlebihan.

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini? Tak perlu sungkan untuk mengajukan pertanyaan kepada dokter melalui Live Chat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

Penulis : dr. Isman

Sumber:

https://www.inews.id/lifestyle/health/efek-makan-emping-melinjo-dapat-menyebabkan-asam-urat

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut