get app
inews
Aa Read Next : Ingin Tampil Elegan Pada Mobil Putih Anda, Begini Cara Merawatnya! Mudah dan Cepat

Bunyi di Kaki-kaki Mobil? Yuk Coba Cek di Area ini, Mungkin Ada Sparepart yang Perlu Diganti

Selasa, 14 Mei 2024 | 07:48 WIB
header img
Ilustrasi perawatan kaki mobil (doc istimewa)

3. Tie Rod End

Tie Rod End merupakan ujung dari sistem bagian steering. Komponen Tie Rod End menghubungkan lengan power steering dengan bagian steering knuckle yang ada pada roda mobil.

Komponen ini juga memiliki ball joint sebagai engsel yang mirip dengan stabilizer bar. Jika ball joint pada Tie Rod End sudah mulai usang maka akan menimbulkan suara kletek-kletek.

Tie Rod End yang rusak tak hanya menimbulkan kaki kaki mobil bunyi kletek-kletek, tapi juga dapat menimbulkan setir oleng. Hal tersebut dapat membahayakan pengendaranya. Karena itu, selalu lakukan pengecekan dan servis secara berkala. Sebagai sarana, lakukan penyervisan di bengkel resmi yang memiliki suku cadang asli.

4. Shock Absorber

Bagi yang awam mengenai komponen kaki-kaki mobil, shock absorber merupakan sebuah komponen yang berfungsi meredam guncangan pada mobil.

Jika dilihat secara visual, shock absorber ini berbentuk seperti tabung yang terletak di dalam pegas spiral bagian roda depan. Kerusakan yang umum terjadi salah satunya ialah kebocoran tabung.

Untuk menghindari adanya suara kletek-kletek, perlu melakukan pengecekan terhadap komponen ini. Pasalnya, akibat gerakan suspensi yang berlebihan bisa menyebabkan timbulnya suara aneh saat mobil di gas.

Apalagi, jika mobil melaju dan melewati jalan berbatu yang penuh dengan goncangan maka akan berpotensi kaki kaki mobil bunyi kletek kletek.

Untuk menghindari kaki-kaki mobil yang menimbulkan bunyi kletek-kletek, sebaiknya melakukan servis secara berkala.

Khususnya pada komponen komponen rawan kerusakan yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut. Tujuannya, agar performa mobil tetap terjaga dan terhindar dari adanya bunyi kletek kletek ketika mobil dikendarai.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut