get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Gejala Power Steering Anda Rusak! Pengguna Mobil Wajib Tau Ya

Bahan Bakar Mobil Anda Boros? Salah Satu Penyebabnya Adalah Memakai BBM Oktan Dibawah 95

Senin, 21 Oktober 2024 | 02:55 WIB
header img
Ilustrasi bensin mobil boros (doc istimewa)

3. Oli Tidak Diganti

Oli yang sudah terlalu lama digunakan bukan hanya merusak kendaraan, tetapi juga membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih banyak dari sebelumnya. Oli lama sudah tidak bisa melumasi mesin dengan baik.

Oli yang tidak diganti juga sudah mengandung banyak kotoran sehingga dapat menimbulkan kerusakan mesin yang cukup parah. Padahal keberadaan oli seharusnya memberikan keringanan bagi setiap mesin untuk bekerja dengan baik tanpa ada masalah gesekan dengan mesin lainnya. 

4. Mengemudi secara Agresif

Kebiasaan mengemudi secara agresif dan menghantam polisi tidur tentu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak. Nantinya Anda jadi harus selalu pergi ke SPBU untuk mengisi BBM. Hal ini terjadi karena mesin perlu bekerja lebih keras untuk meredam getaran saat melewati polisi tidur dan jalanan yang tidak rata.

5. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Tepat

Pemilihan bahan bakar menjadi penyebab lainnya yang jarang diketahui. Kenaikan harga salah satu jenis BBM membuat masyarakat beralih ke bahan bakar yang harganya lebih murah. Masyarakat lebih fokus terhadap harga yang mereka keluarkan dibandingkan oktan BBM yang digunakan.

Padahal seharusnya mobil menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan 95. Penggunaan yang jauh lebih rendah dari oktan 95 akan membuat tarikan mesin menjadi lebih berat. Akibatnya konsumsi bensin pun akan lebih banyak dari biasanya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut