7. Mengembangkan Mentalitas Global dengan Identitas Lokal
Dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, bangsa Indonesia harus mampu bersaing di kancah internasional. Personal branding yang baik adalah yang mampu menggabungkan mentalitas global dengan identitas lokal. Dengan tetap mempertahankan jati diri sebagai orang Indonesia sambil menguasai wawasan dan kompetensi internasional, seseorang akan lebih mudah dikenal dan diakui secara global. Hal ini bisa menjadi keunikan tersendiri, karena seseorang mampu menginspirasi tanpa kehilangan akar budaya mereka. Penghargaan akan identitas lokal sekaligus keterbukaan terhadap wawasan global merupakan aset besar dalam menciptakan personal branding yang berkarakter dan berdaya saing tinggi.
Maka dengan itu membangun personal branding menuju Indonesia Emas 2045 bukan sekadar tentang pencitraan diri, tetapi tentang menciptakan dampak positif, baik bagi diri sendiri maupun bagi bangsa dan negara. Dengan memiliki visi yang jelas, memperkuat kompetensi, menjunjung etika, dan berkolaborasi dalam berbagai bidang, setiap individu dapat memainkan peran penting dalam mewujudkan visi besar Indonesia. Personal branding yang kuat bukan hanya meningkatkan posisi individu di masyarakat, tetapi juga menjadi wujud nyata kontribusi bagi kemajuan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.
Editor : Mahesa Apriandi