Kisah Meja Belajar yang Jadi Tangga: Sorotan di Balik Pembangunan SDN 1 Kandangsapi Cijaku Lebak
Belum diketahui secara pasti siapa pelaksana kegiatan sebenarnya. Pihak sekolah juga tidak mendapatkan dokumen kerja atau berita acara penyerahan lokasi.
Kisah ini menjadi pengingat bahwa pembangunan fisik sekolah bukan semata soal bangunan berdiri. Ia harus menjunjung tata kelola yang baik, akuntabel, dan menghormati fungsi sekolah sebagai ruang pendidikan.
Sebagaimana diungkapkan Rijal, “Kalau pembangunan dilakukan dengan cara merusak yang sudah ada, maka itu bukan kemajuan. Itu hanya mengganti satu kerusakan dengan yang lain.”
Masyarakat kini berharap adanya tindak lanjut dari pihak berwenang, agar aset pendidikan dijaga dan setiap proyek pembangunan tidak melupakan prinsip transparansi, komunikasi, dan akuntabilitas publik.
Editor : Mahesa Apriandi