Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa terjunkan kapal perang dan Pesawat Tempur Canggih

Antara
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa terjunkan kapal perang dan pesawat tempur canggih. (Foto: Youtube Andika Perkasa).

JAKARTA, iNewsBanten - TNI akan menerjunkan 12 kapal perang (KRI) dan empat pesawat tempur canggih dalam mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Acara itu akan digelar pada 15-16 November 022.

"Untuk pengamanan termasuk pengamanan atau pendampingan terhadap kapal militer negara-negara partisipan yang mungkin akan dikirim," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

TNI AU menyiapkan empat pesawat tempur, yakni dua unit F-16 dan dua unit pesawat Sukhoi, Su-27 dan Su-30. Selain itu, ada 13 helikopter dari masing-masing matra.

"Jadi total kira-kira 13 heli," katanya.

Dua pesawat Hercules juga disiapkan. Satu pesawat Hercules digunakan khusus medis sehingga memiliki fasilitas untuk mengevakuasi pasien yang kondisinya, misalnya, darurat.

"Kami juga menyiapkan satu pesawat Boeing VIP apabila diperlukan sebagai tambahan. Kemudian juga ada pesawat Boeing jumlahnya dua yang fungsinya sebagai pengintai," papar Andika.

Tak hanya itu, kata dia, TNI juga menyiapkan 19 pangkalan udara yang akan digunakan dalam pelaksanaan KTT G20.

"Jadi, gampang nya kalau kita melihat peta Indonesia pangkalan udara yang ada di Sumatera kecuali Aceh, kemudian Jawa, Bali, Lombok, dan Kalimantan (Banjarmasin dan Balikpapan). Itu pangkalan udara totalnya 19 dan satu pelabuhan. Jadi itulah yang kami siapkan," tutur Andika.

https://Artikel ini uda tayang di: https://www.inews.id/news/nasional/kapal-perang-dan-pesawat-tempur-canggih-diterjunkan-amankan-ktt-g20-di-bali

 

 

 

 

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network