Viral Uang Palsu dengan Pecahan 20 Ribu! Masyarakat Perlu Waspada dan Harus Tahu Cara Membedakannya

Okezone
Ilustrasi uang palsu dengan pecahan 20ribu rupiah (doc istimewa)

Berikut ini cara melihat keaslian uang dengan 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang).

1. Dilihat

Jika dilihat secara teliti, benang pengaman pada pecahan Rp100.000 dan Rp50.000 dapat berubah warna. Akan ditemukan logo BI dan angka berubah warna yang tersembunyi pada pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000.

2. Diraba

Jika curiga mendapatkan uang palsu, Anda bisa merapa uang tersebut. Uang rupiah asli memiliki bagian yang kasar pada gambar utama, gambar lambang negara, angka nominal, huruf terbilang, frasa NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA, dan tulisan BANK INDONESIA. Disisi kanan dan kiri pun terdapat kode tuna netra untuk bisa mengenali nominal uang tersebut. 

3. Diterawang

Untuk melihat keaslian uang, arahkan pada cahaya yang cukup. Lalu, akan ditemukan gambar pahlawan, ornamen pada pecahan tertentu, serta logo BI yang terlihat utuh.

Itu dia cara-cara membedakan uang palsu dengan uang rupiah asli. Dalam menerima uang, Anda harus teliti memastikan apakah uang yang diberikan oleh orang lain itu asli atau palsu. Setelah mengetahui perbedaannya, semoga Anda tidak menjadi korban dari peredaran uang palsu yang sangat meresahkan.

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network