Solusi Mengatasi Limbah Plastik Dengan Cacing Super

Riko Mahareza
Solusi Mengatasi Limbah Plastik Dengan Cacing Super (ist)

“Larva serangga memiliki rekam jejak yang bagus dalam merusak dan memakan plastik,” ungkap Chris Rinke, dosen senior di Australian Center for Ecogenomics (ACE), University of Queensland, melalui email. “Penelitian sebelumnya telah menunjukkan waxworm (ulat lilin) dan mealworm dapat memakan plastik. Kami pun berpikir kalau larva berukuran kecil saja bisa melakukannya, maka superworm yang lebih besar (hingga 5,5 cm) mungkin lebih efisien dalam melahap plastik.”

“Rupanya, superworm doyan polistirena,” imbuhnya. “Awalnya kami tidak tahu superworm bisa bertahan hidup dengan memakan plastik, tapi kami tetap berharap tinggi.” 

Selama eksperimen, tim peneliti Rinke membagi 171 superworm ke dalam tiga kelompok dengan pola makan berbeda-beda. Kelompok pertama cuma makan polistirena, kelompok kedua makan dedak, dan kelompok terakhir berpuasa ketat. Mereka memperhatikan, tindakan kanibalisme pada superworm yang puasa “mengisolasi desain eksperimental kami yang dimodifikasi menampung hewan kontrol yang kelaparan, sedangkan hewan dalam dua kelompok lain ditempatkan bersama selama percobaan makan,” demikian bunyi penelitiannya.



Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network