get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tanda Awal Anda Mengalami Penyakit Stroke! Harus Segera Mendapatkan Pertolongan Rumah Sakit

Sakit Tipes di Mata Masyarakat Karena Capek Kerja, Apa Benar?

Jum'at, 26 April 2024 | 17:04 WIB
header img
Ilustrasi Capek Kerja (doc Istimewa)

“Bakteri ini juga bisa menempel ditangan, atau peralatan makanan seperti sendok, piring dan lain-lain. Tangan dan peralatan makanan yang kurang bersih, bisa menjadi Penyebab penularan Tipes,” imbuh Vina.

Meski begitu, dr. Vina mengakui jika daya tahan tubuh yang turun akibat beban kerja yang berlebih serta istirahat yang kurang, turut andil dalam penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi ini.

"Kelelahan akibat bekerja dan kurang istirahat, membuat daya tahan tubuh kita menurun. Sehingga saat kita mengonsumsi makanan yang kurang bersih atau tangan kita tidak hygiene, menyebabkan kita terjangkit penyakit tifoid atau tipes," tuturnya.

Selain itu, bakteri penyebab tipes juga bisa menyebar dan menjangkiti seseorang kala berjabat tangan dengan orang lain. Penularan penyakit juga dapat terjadi saat berbagi makanan, atau apabila orang tersebut menyentuh makanan yang akan dimakan bersama tanpa membersihkan tangannya terlebih dahulu.

Mengonsumsi makanan atau air yang kurang matang, pun bisa meningkatkan risiko tertular bakteri salmonella typhi. Karena makanan atau air yang dimasak kurang matang, tidak cukup untuk membunuh bakteri yang ada di makanan dan air tersebut.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut