get app
inews
Aa Read Next : Cara Perawatan Punya Motor Injeksi agar Mesin Tetap Awet

Mesin Mobil Anda Bergetar, Berikut 5 Penyebab Mesin Mobil Anda Bergetar

Kamis, 25 April 2024 | 13:01 WIB
header img
Ruang Mesin Mobil Hyundai Accent (doc Istimewa)

Hal ini terjadi saat busi rusak atau telah aus tak bisa menghasilkan api secara sempurna. Oleh sebab itu, mesin mobil akan menghasilkan getaran yang bahkan terasa hingga ke kabin.

3. Injektor alami gangguan

Selain busi ada pula injektor yang bertugas mengeluarkan bahan bakar. Saat kondisi normal, injektor akan menyemburkan bahan bakar hingga mencapai ruang intake manifold.

Akan tetapi, bila injektor kotor dan tersumbat maka semburan bahan bakar menjadi tidak sempurna. Semburan ini yang menyebabkan proses pembakaran terhambat dan menimbulkan getaran pada mesin mobil.

4. Kinerja piston yang buruk

Kinerja piston yang buruk juga mempengaruhi mesin bergetar kasar saat starter. Umumnya, hal ini disebabkan oleh umur mobil yang tua atau penggunaan yang tidak berhati-hati sehingga piston aus.

Saat kinerja piston buruk, geraknya menjadi goyang dan tidak presisi. Goyangnya gerak piston ini yang menimbulkan getaran.

5. Engine mounting bermasalah

Gangguan pada engine getaran kasar saat starter. Engine mounting yang bertindak sebagai peredam saat bermasalah mengakibatkan getaran mesin terasa hingga kabin mobil.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut