get app
inews
Aa
Read Next : Cara Perawatan Punya Motor Injeksi agar Mesin Tetap Awet

Sharing!! 6 Penyebab Mesin Mobil Overheat, Pengendara Wajib Tau

Sabtu, 20 April 2024 | 11:32 WIB
header img
Ilustrasi mobil (freepik)

SERANG, iNewsBanten - Mesin mobil overheat atau panas berlebih sering kali terjadi karena air radiator habis. Tapi faktanya, penyebab mesin overheat bukan itu saja, masih ada sebab-sebab lain yang juga perlu diperhatikan.

Lantas apa saja penyebab mesin overheat selain air radiator habis? Berikut adalah daftarnya, seperti dilansir dari laman resmi Suzuki :

Oli Mesin Berkurang

Seperti diketahui bersama, oli selain berfungsi sebagai pelumas juga berfungsi sebagai pendingin. Sehingga ketika terjadi gesekan kuat antar mesin, maka tidak terjadi overheat.

Jika oli mesin berkurang sudah pasti mesin mobil akan cepat panas. Oli mesin sendiri bisa berkurang karena pemakaian. Lama kelamaan oli akan menguap karena bersinggungan langsung dengan ruang pembakaran.

Salah Menggunakan Cairan Radiator

Penyebab mesin mobil overheat selanjutnya juga bisa disebabkan oleh penggunaan cairan radiator yang salah. Jadi jangan heran jika air radiator masih penuh tapi mobil tetap mengalami overheat.

Perlu diingat, air untuk radiator bukan hanya air biasa karena bisa mengandung kotoran apalagi logam serta mineral. Hindari menggunakan air biasa dan gunakanlah cairan yang mengandung coolant.

Water Pump Rusak

Water pump berfungsi sebagai pompa air sehingga sirkulasinya berjalan baik. Melalui komponen inilah air bisa terus berputar di seluruh radiator. Jika rusak sudah pasti akan menyebabkan mesin overheat.

Kerusakan Water pump biasanya dipicu oleh karat atau sistem pengunci yang tidak berfungsi. Cara mengatasi waterpump yang rusak adalah menggantinya dengan yang baru.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut