get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Gejala Power Steering Anda Rusak! Pengguna Mobil Wajib Tau Ya

Sharing!! 6 Penyebab Mesin Mobil Overheat, Pengendara Wajib Tau

Sabtu, 20 April 2024 | 11:32 WIB
header img
Ilustrasi mobil (freepik)

Kipas Radiator Mati

Komponen ini berfungsi untuk membuang udara panas yang keluar dari mesin. Ketika kipas ini rusak, tentu panas pada mesin mobil tidak akan terbuang dan air yang mengalir tidak bekerja sebagai coolant dengan baik.

Kerusakan kipas radiator ini bisa disebabkan karena kipas belt yang putus atau bagian karet yang sudah keras terkena karat. Kalau sudah begini, satu-satunya cara mengatasinya adalah mengganti kipas dengan yang baru.

Thermostat Tidak Berfungsi

Setiap mobil selalu dilengkapi dengan Thermostat yaitu alat untuk mengukur suhu dalam mesin mobil. Alat ini dihubungkan langsung dengan sistem kerja alat radiator mobil.

Ketika suhu mesin berubah menjadi panas, maka air radiator akan mengalir dan bekerja sebagai pendingin. Apabila Thermostat rusak air radiator tidak mengalir ketika suhu mesin panas.

Tidak Menggunakan BBM yang Tepat

Penyebab yang terakhir ini terlihat sangat sepele, tetapi sangat berpengaruh. Bahan bakar yang dibutuhkan mobil supaya kondisi mesin terawat dan melaju kencang adalah oktan yang tinggi.

Sebagian besar orang masih saja menggunakan jenis BBM yang oktannya lebih rendah dari yang dianjurkan oleh pabrikan. Padahal BBM dengan oktan rendah menjadi penyebab terjadinya knocking pada mobil.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut