get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Gejala Power Steering Anda Rusak! Pengguna Mobil Wajib Tau Ya

Inilah Rem Mobil Jika Ngempos Ada 6 Penyebabnya  

Minggu, 11 Februari 2024 | 13:02 WIB
header img
Ilustrasi rem mobil - Dok.tyreland.ie

Salah satu penyebabnya adalah minyak rem yang berkurang sehingga daya tekan tidak maksimal dan membawa angin masuk ke dalam saluran rem.

Seperti dikutip dari Suzuki.co.id ada beberapa penyebab rem ngempos atau masuk angin yang dapat dihindari oleh para pemilik mobil.

1. Efek dari Anti Lock Braking System (ABS)

Mobil-mobil saat ini telah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS yang bertujuan untuk mencegah ban terkunci ketika melakukan pengereman mendadak. Itu memungkinkan pengendara menginhindari kecelakaan dengan mengubah arah mobil.

Tetapi, sistem ABS membuat pengereman terasa ngempos karena saat pedal diinjak maka minyak rem akan tertekan dan melewati pompa ABS terlebih dahulu.

Pompa ABS akan mengeluarkan tekanan pada pedal rem ketika mobil belum bergerak, yang mana suara pompa akan terdengar oleh pengemudi saat melakukan penegreman.

Efek ini snagat normal bagi kendaraan yang memiliki sistem ABS dan hanya terjadi ketika mobil belum bergerak. Beda cerita jika menginjak pedal rem dan terlalu dalam, maka penyebabnya bukan dari sistem ABS.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut