get app
inews
Aa Read Next : Sering Mengkonsumsi Daging Ayam dan Sapi! Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Penjelasan Dokter

Waspadai Bahaya Terlalu Sering Makan Mie Instan, Dokter Tirta: Dari Bumbu Mie

Senin, 27 Maret 2023 | 07:38 WIB
header img
Waspadai Bahaya mie Instan (Foto : Instagram @carikulinersolo)

SERANG, iNewsBanten - Sulit rasanya memang untuk menolak semangkuk mi instan, baik yang goreng atau rebus berkuah. Ya, semangkuk mi instan memang kerap jadi pilihan makanan bahkan “comfort food” dari banyak orang.

Namun, sudah sering digaungkan dan diedukasi bahwa mengonsumsi mi instan terlalu sering memang tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Disampaikan Dokter Tirta, sebetulnya hal yang perlu diwaspadai dari mi instan adalah kandungan natrium yang ada pada mi instan sebagai satu hidangan lengkap.

"Yang patut diperhatikan dari mie instan itu bukan mi nya. Mi itu biasa aja, terbuat dari gandum, bagus buat energi. Tapi, kandungan garamnya," ujar dr. Tirta, dikutip dari akun Instagram pribadinya.

Mengapa kandungan garamnya yang harus diwaspadai? Sebab, tahukah Anda ternyata dari satu bungkus mi instan saja, sudah hampir 80 persen dari angka kebutuhan harian.

“Sebenarnya makan mi instan sering setiap hari itu enggak masalah, yang bermasalah itu kalau makan bumbunya banyak. Garam natriumnya (mi instan) itu 1 gram, nyaris 80 persen dari angka kebutuhan gizi harian,” tegasnya.

Padahal, seperti dijelaskan dokter Tirta kebutuhan natrium yang dibutuhkan oleh tubuh per hari hanyalah 1, 5 gram. Jadi sampai sini bisa dibayangkan jika dalam satu kali makan mi instan, misalnya dua bungkus dijadikan satu, maka asupan natrium yang dikonsumsi melebihi batas kebutuhan harian. Pada akhirnya, kelebihan natrium akan berefek negatif untuk kesehatan tubuh.

"Kalau kamu makan secara terus menerus selama bertahun-tahun, akan terakumulasi dan natrium akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Proses sampai munculnya penyakit tidak langsung terjadi, memakan waktu bertahun-tahun,” pungkas dokter Tirta.

Artikel ini telah tayang  dengan judul https://health.okezone.com/read/2022/10/26/483/2695268/makan-mi-instan-kebanyakan-dokter-tirta-peringatkan-bahaya-dari-bumbunya

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut