get app
inews
Aa Read Next : Ada 9 Buah yang Baik bagi Tubuh dengan Kadar Rendah Gula dan Kalori

Ini Buah-buahan yang Baik Untuk Osteoporosis dan Jantung

Senin, 26 Desember 2022 | 16:24 WIB
header img
Berikut Buah-buahan yang Mengandung Vitamin K, Bagus Untuk Osteoporosis dan Jantung (foto Istimewa, -)

PALANGKA RAYA, iNewsBanten - Makanan mengandung vitamin K penting diketahui untuk kesehatan. Vitamin K merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dapat membantu proses pemulihan pada tubuh, seperti saat mengalami luka, pendarahan bahkan cedera. 

Selain itu, vitamin K dapat membantu proses pembentukan protein yang mempunyai peran penting dalam menjaga fungsi ginjal serta mencegah terbentuknya batu ginjal.

Vitamin K juga membantu mencegah pembuluh darah arteri yang mengeras. Persoalan pada arteri tersebut menjadi salah satu pemicu penyakit jantung

Kekurangan asupan vitamin K dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan di antaranya sakit jantung, osteoporosis, kerusakan gigi, rendahnya kepadatan mineral tulang, darah sukar membeku. 

Setiap orang membutuhkan vitamin K tergantung sesuai dengan usianya masing-masing. Pada remaja berusia 10-15 tahun membutuhkan vitamin K 35-55 mcg/hari.

Pada bayi dan anak-anak membutuhkan vitamin K 5-20 mcg/hari. Kemudian, orang dewasa membutuhkan vitamin K 55-65 mcg/hari.

Sumber utama vitamin K, yaitu sayur dan buah. Terdapat dua jenis vitamin K, yakni vitamin K1 bisa didapat dari sayuran hijau dan minyak dari beberapa tanaman dan K2 bisa didapat dari beberapa makanan hewani serta beberapa jenis sayuran yang difermentasi.

Berikut makanan mengandung vitamin K:

1. Kale

Merupakan salah satu jenis sayuran yang per 100 gramnya terkandung 817 mcg vitamin K. Kale juga mengandung kalsium, kalium dan folat yang tinggi. 

Jenis vitamin yang terdapat pada kale, yakni K1 yang dapat membantu mencegah penyakit jantung serta osteoporosis. Selain itu, kandungan antioksidan yang dimiliki kale, yaitu quercetin dan kaempferol berfungsi menjaga kesehatan tubuh. 

2. Bayam

Terkandung vitamin K sebanyak 483 mcg per 100 gramnya. Selain mengandung vitamin K, bayam juga mengandung vitamin A, B, E, dan zat besi.

Selain itu, bayam juga mengandung banyak senyawa yang berpengaruh baik bagi tubuh seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin dan zeaxanthin. 

3. Kiwi

Pada satu buah kiwi terkandung 28 mcg vitamin K dan buah kiwi juga mengandung vitamin lainnya, seperti vitamin A, B12, B6, E, C, zat besi, kalsium hingga kalium yang secara keseluruhan berfungsi untuk menjaga sirkulasi darah pada pembuluh.

Selain itu, menjaga kesehatan mata serta penyerapan zat besi bagi kesehatan tulang.

4. Hati Sapi

Termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin K tinggi dan pada hati sapi terkandung 106 mcg per 100 gramnya yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin K seseorang per harinya.

5. Kedelai

Jenis vitamin K yang terdapat pada kedelai, yakni vitamin K2 yang berasal dari olahan hewani dan tumbuhan telah melalui proses difermentasi. Bagian yang lebih banyak mengandung K2, yakni minyak pada kedelai. Pada satu sendok makan minyak kedelai terdapat 25 mcg vitamin K. 

6. Delima

Buah satu ini merupakan makanan yang mengandung vitamin K yang tinggi karena pada setiap buahnya terkandung 20 mcg vitamin K.

7. Brokoli

Sayuran satu ini terkenal kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya mengandung vitamin K yang tinggi. Pada brokoli terdapat 141 mcg vitamin K per 100 gramnya.

Itulah beberapa makanan mengandung vitamin K yang bisa dikonsumsi agar dapat menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. 

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://Kalteng.inews.id/berita/daftar-makanan-mengandung-vitamin-k-cegah-penyakit-jantung-dan-osteoporosis

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut