get app
inews
Aa Read Next : Ingin Tampil Elegan Pada Mobil Putih Anda, Begini Cara Merawatnya! Mudah dan Cepat

Pengendara Mobil Wajib Tau! Begini Tips Merawat Ban Serep dan Penggunaan Saat Kondisi Darurat

Selasa, 09 Januari 2024 | 16:06 WIB
header img

SERANG, iNewsBanten - Ban serep punya peran penting bagi kendaraan roda empat untuk mengantisipasi jika terjadi masalah pada ban di perjalanan seperti sedang kempes atau bocor.

Meski begitu menggunakan ban serep tidak boleh sembarangan. Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam hal perawatan. Karena umumnya ban serep memiliki ukuran lebih kecil, tipis, dan ringan dibandingkan ban biasa.

Umumnya ban serep diletakkan di bagian belakang dan harus ditutup dengan cover dan bila ingin menggunakannya maka harus buka cover ban serep terlebih dulu. Berikut tips menggunakan ban serep untuk kondisi darurat.

1. Kenali ban serep sesuai mobil

Umumnya ban serep berbeda dengan tipe kendaraan. Ban serep juga hanya digunakan pada kendaraan darurat dan bukan penggunaan harian karena memiliki tapak dan keausan dari berbeda dari ban biasa.

Selain itu, penggunaan ban serep dapat mengubah handling mobil yang berakibat buruk saat berkendara.

2. Berkendara secara perlahan

Ketika menggunakan ban serep, Anda perlu memacu kendaraan secara perlahan. Hindari untuk memacu mobil Anda dengan kecepatan di atas 80 km per jam. Jika tidak yakin berkendara dengan ban serep, Anda bisa menggunakan jalur darurat atau menyalakan lampu hazard saat berkendara pada malam hari.

3. Batasi jarak tempuh

Setiap mobil biasanya memiliki spesifikasi durabilitas jarak yang bisa ditempuh menggunakan ban serep. Karena itu jangan gunakan ban serep melebihi spesifikasi durabilitas yang telah ditetapkan.

Jika tetap dipaksakan maka akan memunculkan tekanan pada diferensial, roda gigi, higga pelat kopling yang bisa merusak mobil.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut