get app
inews
Aa Read Next : 3 Tanda Harus Segera Cek Kolesterol Sebelum Terlambat, Waspadai Lemak Bagian Tubuh

Berikut 7 Obat-Obatan Pemicu Kolesterol Tinggi, Awas Bisa Memicu Serangan Jantung dan Stroke

Minggu, 28 April 2024 | 01:36 WIB
header img
7 Obat-Obatan Pemicu Kolesterol Tinggi, Awas Bisa Memicu Serangan Jantung dan Stroke (doc.istimewa)

Melansir dari Very Well Health, berikut ini 7 obat-obatan yang mampu memicu tingginya kolesterol:

1. Prednison

Prednison adalah obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan. Obat ini termasuk dalam kelas obat kortikosteroid dan digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan, termasuk reaksi alergi parah, beberapa jenis radang sendi, lupus, multiple sclerosis, dan penyakit radang usus (IBD).

Prednison sangat efektif dalam mengendalikan peradangan, namun juga mampu meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar HDL. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa prednison dosis tinggi dapat menyebabkan kolesterol tinggi dalam hitungan minggu dan meningkatkan tekanan darah sistolik pada waktu yang sama.

2. Beta Blocker

Beta blocker adalah obat yang umum diresepkan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Meskipun digunakan untuk mengobati berbagai bentuk penyakit jantung, beta blocker dapat secara signifikan mengurangi kadar HDL atau kolesterol baik.

3. Amiodaron

Amiodaron adalah obat yang digunakan untuk mengobati kondisi aritmia jantung. Aritmia jantung adalah detak jantung yang tidak teratur lantaran sinyal listrik di otot jantung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini dapat menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat (takikardi), terlalu lambat (bradikardi), atau tidak menentu.

Amiodarone kerap kali dikaitkan dengan berbagai efek samping. Mulai dari, dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat melonjak, meskipun umumnya tidak mempengaruhi kadar kolesterol baik.

4. Siklosporin

Siklosporin adalah jenis obat sebagai imunosupresan yang bekerja dengan mengurangi respons sistem kekebalan tubuh, yang melawan infeksi, penyakit, dan hal lain yang dianggap tidak normal.

Siklosporin digunakan untuk mengobati penyakit autoimun, sekelompok kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh sendiri. Obat ini memiliki banyak efek samping, salah satunya meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut