get app
inews
Aa Read Next : Anda Sering Mengalami Migrain? Berikut 6 Makanan yang Mungkin Anda Harus Hindari

Anak Anda Sering Makan Jajanan Ciki Ngebul, Simak Bahaya yang Mungkin Merusak Kesehatan

Jum'at, 07 April 2023 | 12:38 WIB
header img

SERANG, iNewsBanten - Maraknya jajanan Ciki Ngebul di tengah masyarakat Indonesia, menarik perhatian anak-anak untuk membelinya. Atas jajanan itu, banyak anak mengalami keracunan, sebab Ciki ini mengandung nitrogen cair.

Melihat fenomena hitsnya Ciki Ngebul, Dokter Spesialis Anak, Dr Robert Soertandio, SpA mengingatkan tindakan atau langkah pertama jika tertelan, diminta untuk segera ke Rumah Sakit. Sementara, ketika nitrogen cair terkena kulit, segera diminta untuk direndam air hangat.

"yang dilakukan jika terkena nitrogen atau terkena nitrogen cair, bila kena kulit yaitu pindah ketempat yang hangat dan rendam area kulit terkena dengan air hangat. Bila tertelan jangan coba dimuntahkan atau diberikan karbon aktif segera bawa ke RS untuk mendapatkan pengobatan," kata dr Robert kepada MNC Portal, Sabtu (14/1/2023)

Sehubungan dengan kasus Ciki Ngebul ini, Kementerian Kesehatan meminta semua pihak meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul yang banyak dijual. Hal ini untuk mencegah kasus keracunan pangan yang lebih parah, akibat konsumsi nitrogen cair yang berlebihan.

Imbauan tersebut disampaikan dalam Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji. Diketahui, korban lebih banyak berusia anak-anak, dengan berbagai gejala hingga dirawat di Rumah Sakit.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut