get app
inews
Aa Read Next : Anda Sering Mengalami Migrain? Berikut 6 Makanan yang Mungkin Anda Harus Hindari

Anda Sering Mengkonsumsi Minuman Beralkohol? Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Kanker

Kamis, 02 Mei 2024 | 16:02 WIB
header img
Bahaya dan Dampak Minum Alkohol Bagi Kesehatan (ist)

Selain itu, pada studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology , yang memperkirakan bahwa jumlah diagnosis kanker tahunan di AS yang dikaitkan dengan alkohol adalah sekitar 75.000, termasuk hampir 19.000 kematian akibat kanker.

Kini, alkohol pun dianggap sebagai faktor risiko pada setidaknya enak jenis kanker yang berbeda. Dari mulai kanker mulut, faring, laring, kanker esofagus, payudara, kolorektal, lambung dan hati.

Sementara itu, dalam Laporan terbaru tentang Karsinogen, program Toksikologi Nasional Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, mencantumkan konsumsi minuman beralkohol sebagai karsinogen manusia yang diketahui.

Menurut Edward Giovannucci, MD , seorang profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, alasan utama alkohol bisa menyebabkan kanker yaitu karena menghasilkan karsinogen yang disebut asetaldehida disaat tubuh memetabolismenya.

Tubuh seseorang secara alami menghasilkan asetaldehida dalam jumlah kecil, namun dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan DNA, yang merupakan cara karsinogen menciptakan sel kanker abnormal.

Tidak hanya itu, minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan yang bersentuhan langsung dengannya, antara lain yaitu tenggorokan bagian atas, kerongkongan, dan perut.

Risikk kanker karena alkohol sendiri lebih rendah dibanding risiko yang dibawa oleh karsinogen lain yang lebih terkenal. Seperti merokok yang bertanggung jawab 20 persen dari semua kanker, dan 30 persen dari semua kematian akibat kanker di AS.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://health.okezone.com/read/2023/01/16/483/2746947/takut-terkena-sakit-kanker-hindari-minuman-ini

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut