get app
inews
Aa Read Next : Yuk! Simak Cara Menyembuhkan Kanker/Tumor Menurut Ustad dr Zaidul Akbar, Insyallah Bisa Sehat Lagi

Ingin Sembuh Dari Kanker Payudara Dengan Makan Kedelai? Ini Kata Ahli Gizi

Rabu, 30 Agustus 2023 | 23:15 WIB
header img
Ingin Sembuh Dari Kanker Payudara Dengan Makan Kedelai? Ini Kata Ahli Gizi (ist)

SERANG, iNewsBanten - Ternyata ada kepercayaan di masyarakat bahwa rutin makan kedelai bisa menyembuhkan kanker payudara. Benarkah anggapan tersebut dari kacamata medis?

Ahli Gizi Klinis di MD Anderson Cancer Center, dr Christie Siebel menjelaskan bahwa pada dasarnya kedelai aman dikonsumsi penderita maupun penyintas kanker.

"Kedelai adalah sumber protein nabati yang aman untuk dikonsumsi penderita kanker. Jadi, tidak ada alasan menghindari makanan ini," tegasnya, dikutip MNC Portal dari laman resmi MD Anderson.

Kedelai mengandung fitoestrogen dan ini yang dianggap berbahaya bagi penderita kanker payudara. Ya, kanker payudara sangat sensitif terhadap hormon dan fitoestrogen dianggap dapat mengganggu hormon perempuan.

"Hormon estrogen dan fitoestrogen itu tidak sama. Mengonsumsi fitoestrogen yang ada di kedelai tidak akan mengganggu estrogen yang dapat meningkatkan keparahan sel kanker," tambah dr Siebel.

Tidak ada studi yang membuktikan bahwa kanker payudara sembuh dengan rutin makan kedelai. Tapi, kedelai punya peran penting dalam mencegah kekambuhan kanker, bahkan pada pasien dengan kanker reseptor estrogen positif.

"Kedelai tidak buruk untuk Anda, malah bermanfaat untuk mencegah kanker," jelas dr Siebel.

Ya, kedelai mampu mencegah kanker terutama untuk pasien yang membawa mutasi BRCA. Gen ini bertanggung jawab untuk perbaikan DNA. Isoflavon yang ada di kedelai dapat memulihkan penekanan tumor pada gen BRCA 1 dan BRCA 2.

"Itu kenapa saya makan kedelai setiap hari," sambung dr Siebel yang merupakan penyintas kanker payudara.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut