get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi Batuk di Rumah dengan Alami, Berikut 5 Tipsnya

Tren Makan Biji Pepaya Hindari Parasit Usus, para Ahli Mengatakan Bahaya Jangan Coba di Rumah

Minggu, 21 April 2024 | 19:00 WIB
header img
(Foto: istimewa).

SERANG, iNewsBanten - Parasit usus bisa mengakibatkan penyakit yang berbahaya, dan kerap terjadi di negara-negara terbelakang. Mengenai penyakit tersebut, di TikTok banyak orang yang memakan biji pepaya untuk menghilangkan parasit usus di sistem pencernaan mereka.

Sebagai informasi, tanda-tanda apabila kamu memiliki parasit usus seperti cacing pita, kamu akan merasa mual, lemas, kehilangan selera makan, sakit perut, diare, pusing hingga penurunan berat badan.

Perihal tren memakan biji pepaya untuk mengobati parasit usus, para ahli mengatakan bahwa kamu tidak boleh mencoba tindakan tersebut di rumah.

"Ini belum terbukti efektif di luar pengaturan uji klinis," kata Amesh A. Adalja, MD , pakar penyakit menular dan sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins.

Menurut dr. Adaja, ada data yang menunjukan bahwa makanan tertentu memiliki senyawa di dalamnya yang mungkin memiliki kemampuan untuk membunuh parasit tertentu dan menyebabkan parasit tersebut keluar dari tubuh. Tetapi tidak ada data pasti yang menyarankan kamu harus mengubah pola makan.

Sementara itu, William Schaffner dokter spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine, mengatakan bahwa ide makan biji pepaya untuk membunuh parasit usus tidak disarankan.

"Saya tidak mendukung ini (memakan biji pepaya)," tutur Schaffner.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut