2. Aliran Bahan Bakar Tersumbat
Mobil konvensional membutuhkan aliran bahan bakar yang cukup untuk proses awal dalam menyalakan mesin. Jika aliran bahan bakar dari tangki ke mesin tidak terdistribusi dengan semourna, maka mesin tak dapat dinyalakan.
Untuk mengatasi ini, pemilik mobil disarankan untuk memanggil layanan home service demi mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, tindakan yang perlu dilakukan adalah pebersihan tangki bahan bakar, pompa bensin, filter, dan katup atau klep.
3. Dinamo Starter/Ampere Rusak
Dinamo ampere atau kerap disebut alternator adalah komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Apabila dinamo starter rusak atau bermasalah, maka dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter.
Namun, perlu diketahui bahwa dinamo ampere bukanlah komponen yang mudah rusak. Komponen akan menurun performanya bila usia atau masa pakainya sudah lebih dari delapan delapan tahun.
4. Bagian Koil Terlalu Panas
Selain dinamo ampere dan busi, komponen lain yang berperan dalam proses starter mobil adalah koil. Bagian koil berfungsi berfungsi menggandakan tegangan listrik dan kutub positif dalam jumlah besar ke aki.Arus listrik ribuan volt mengalir ke busi dan dapat memantik pijaran bunga api. Itu sebabnya koil terlalu panas, maka bisa jadi penyebab mobil sulit dinyalakan saat distarter.
Cara menangani masalah koil yang jadi penyebab mobil sulit dinyalakan adalah dengan pengecekan dan penggantian apabila kinerjanya mulai melemah. Umumnya, penyebab mobil benar-benar tidak bisa hidup atau sulit distarter adalah adanya komponen bagian dalam yang kotor, tersumbat, atau sudah usang. Untuk itu, penting bagi pemilik mobil dalam melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi.
Artikel ini telah tayang dengan judul https://otomotif.okezone.com/read/2023/02/15/52/2765656/mobil-tak-mau-hidup-saat-distarter-periksa-4-komponen-penting-ini
Editor : Mahesa Apriandi