Logo Network
Network

Sakit Maag dan GERD Bukan Penghalang untuk Menjalankan Ibadah Puasa, Yuk Simak 5 Tips Berikut ini

Awan Setiawan
.
Jum'at, 15 Maret 2024 | 04:47 WIB
Sakit Maag dan GERD Bukan Penghalang untuk Menjalankan Ibadah Puasa, Yuk Simak 5 Tips Berikut ini
Tips agar tetap bisa menjalankan puasa Ramadhan bagi penderita Maag dan GERD (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Puasa Ramadhan tinggal menghitung hari, bagi anda yang mempunyai sakit maag dan GERD, bukan jadi alasan untuk tak bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar di bulan Ramadhan.

Asal mengetahui trik yang tepat, puasa selama bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan aman dan lancar tanpa harus terganggu dengan maag dan GERD. Sehingga puasa Ramadhan tak perlu jadi momok menakutkan. Jika Anda penderita maag atau GERD, simak ulasan lima tips puasa aman dan nyaman di bawah ini, sebagaimana dirangkum dari Alodokter, Hellosehat, dan laman resmi RS Pondok Indah.

1.Makan secukupnya: berlaku saat sahur dan berbuka, disarankan tak makan dalam jumlah banyak dalam satu waktu, karena bisa membuat lambung bekerja keras. Makan pelan-pelan alias perlahan dan dalam jumlah secukupnya.

Contoh, awali dengan mengonsumsi makanan yang ringan dahulu saat berbuka puasa, lalu baru dilanjutkan dengan makan besar.

2. Tidak menunda waktu buka puasa: Perut yang kosong karena tak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam, harus segera diisi dengan makanan. Sebaiknya, jangan menunda-nunda untuk mengisi perut saat berbuka. Kenapa? Sebab perut butuh mencerna makanan, sehingga asam lambung yang diproduksi bisa langsung dipakai untuk memecah makanan yang masuk.

Follow Berita iNews Banten di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.