get app
inews
Aa Read Next : Perut Terasa Kembung Setelah Makan, Mungkin 5 Cara ini Ampuh untuk Mengurangi Hal Tersebut

Bunda Wajib Tau! Cara Penyimpanan Telur yang Baik, Ternyata Bukan di Kulkas

Kamis, 11 April 2024 | 09:59 WIB
header img
Penyimpanan telur yang benar (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten -  Jadi bahan yang selalu ada di Rumah,Telur menjadi salah satu sumber protein yang paling mudah dicari dan harganya terjangkau. Telur pun bisa dikreasikan menjadi banyak jenis makanan, mulai dari makanan utama hingga dessert.

Tidak heran jika banyak orang yang membeli telur dalam jumlah besar, apalagi menjelang Lebaran ini, bisa digunakan sebagai makanan darurat. Hanya saja, banyak orang yang masih salah dalam menyimpan telur.

Dokter Spesialis Gizi dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM menjelaskan bahwa salah satu cara mudah untuk memilih telur yang bagus adalah yang memiliki cangkang bersih serta tidak retak.

“Kalau dibanding-bandingkan juga kadang kita nggak tahu. Tapi pilihlah telur yang bersih, tidak ada retakan,” ungkap Marya seperti dilansir dari Antara.

“Karena telur itu mudah terkontaminasi. Belum lagi kandungan vitamin dan proteinnya yang dominan. Itu wadah yang baik sekali untuk perkembangan bakteri dan kuman. Makanya cangkangnya harus utuh, nggak boleh ada retaknya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dokter yang juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) itu menjelaskan perbedaan telur yang masih baru dengan yang sudah lama diproduksi. Dia mengatakan, telur yang sudah lama diproduksi saat diketahui memiliki kondisi telur kuning yang sudah tidak utuh.

“Terus ciri-ciri telur yang sudah diproduksi terlalu lama, saat membakar kuningnya enggak utuh. Nah ini masih bisa diproduksi tapi kualitasnya dan rasanya juga lebih turun dari yang fresh,” terangnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut