get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Gejala Power Steering Anda Rusak! Pengguna Mobil Wajib Tau Ya

Saat Mudik Pastikan Ban Mobil Anda Dalam Kondisi Baik, Yuk Simak Cara Cek Agar Aman Saat Digunakan

Jum'at, 21 April 2023 | 04:53 WIB
header img
Lakukan pengecekan ban mobil anda sebelum digunakan mudik,demi kenyamanan dan keselamatan saat digunakan (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Anda harus pastikan hal ini sebelum melakukan perjalanan mudik jauh, salah satu komponen yang penting untuk diperiksa kesehatannya adalah ban mobil. Ban merupakan komponen keamanan yang penting diperhatikan kondisinya.

Memperhatikan kondisi ban mobil sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Karena ban adalah satu-satunya bagian mobil yang selalu bersentuhan langsung dengan jalan, sehingga kondisi ban yang buruk dapat mempengaruhi kinerja mobil dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Dikutip dari Auto2000, berikut beberapa ciri-ciri ban mobil yang sudah harus diganti.

1. Usia ban sudah 3 tahun

Ban mobil memiliki umur pemakaian, sebab ban terbuat dari karet. Kelenturan karet akan berkurang seiring waktu. Usia ideal ban adalah 3 tahun, lebih dari itu kondisi ban sudah tidak optimal dan dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan.

2. Jarak tempuh sudah 40.000 km

Selain usia 3 tahun, ban juga memiliki fase idealnya yaitu selama 40.000 km. Meskipun belum berusia 3 tahun tetapi sudah 40.000 km, ban juga harus diganti. Ban yang sudah menempunh jarak yang jauh akan mengalami keausan yang membuat peforma ban tidak optimal.

3. Terdapat retakan

Retakan pada permukaan ban bisa terjadi karena usia ban atau penggunaan yang berlebihan. Retakan dapat membuat ban menjadi lebih mudah bocor atau pecah. Jika terdapat retakan pada ban, sebaiknya segera diganti dengan ban baru.

4. Ban gundul

Kedalaman alur ban yang habis dapat menurunkan daya cengkeram ban terhadap jalan dan meningkatkan risiko tergelincir. Saat kedalaman alur ban sudah habis, sebaiknya segera diganti dengan ban yang baru.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut