get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi Batuk di Rumah dengan Alami, Berikut 5 Tipsnya

Manfaat Cuka Apel! Untuk yang Punya Masalah di Berat Badan dan Lemak Perut

Rabu, 27 September 2023 | 22:07 WIB
header img
Cuka Apel! manfaat bagi kesehatan (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten -  Cuka apel merupakan bahan yang terbuat dari fermentasi gula dari apel yang diubah menjadi asam asetat. Di dalam cuka apel mengandung protein, enzim, dan bakteri ramah.

Selain digunakan sebagai bahan masakan, namun cuka apel ini memiliki segudang manfaat loh bagi kesehatan. Merangkum dari halaman resmi BBC Good Food pada Rabu (16/8/2023) berikut lima manfaat cuka apel bagi kesehatan.

1.Membantu mengelola kadar gula darah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat seperti cuka apel dapat meningkatkan kadar glukosa dan insulin setelah makan. Selain itu penelitian lain juga menunjukkan bahwa dua sendok makan cuka apel yang dikonsumsi sebelum tidur dapat meningkatkan kadar glukosa saat bangun tidur.

2.Membantu penurunan berat badan

Belum ada studi dengan bukti yang mendukung kemanjuran dengan diet menggunakan cuka apel. Namun ada penelitian pada hewan yang menilai potensi efek diet dari cuka apel.

Kemudian ada studi lebih lanjut yang melibatkan konsumsi dua sdm cuka apel yang dikombinasikan dengan defisit energi sebanyak 250 kkal ternyata dapat menurangi berat badan, BMI, dan lingkar pinggul.

3. Mengurangi lemak perut

Hal ini telah di uji selama 12 minggu terhadap pria gemuk. Para pria tersebut mengkonsumsi cuka yang kaya akan asam asetat dan terlihat mengalami penurunan berat badan, BMI, lemak, lingkar pinggang, dan kadar trigliserida darah.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut