get app
inews
Aa Read Next : Kolesterol Tinggi! Ternyata Harus Kurangi Makan Nasi Juga Agar Tubuh Tetap Sehat

Benarkah Nasi Sisa Kemarin Jauh Lebih Sehat dan Rendah Diabetes? Ini Penjelasannya

Minggu, 24 September 2023 | 11:38 WIB
header img
Sayang rasanya jika kita harus membuang makanan yang belum habis saat makan malam (Foto: list)

JAKARTA, iNewsBanten- Sayang rasanya jika kita harus membuang makanan yang belum habis saat makan malam, apalagi jika makanan tersebut masih bisa dihangatkan dan dikonsumsi pada keesokan harinya.

Nasi panas dan nasi dingin memiliki perbedaan kandungan kadar gula . Lalu, apakah nasi yang dimasak kemarin mengandung kadar gula yang rendah? Nasi sudah menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia.

Makanan ini mengandung karbohidrat tinggi yang sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit diabetes. Bagi penderita diabetes sebenarnya tetap bisa mengonsumsi nasi putih. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kadar gula darah tidak melonjak naik.

Nasi yang dimasak kemarin memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan nasi panas. Indeks glikemik mengukur seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah. Ketika nasi dimasak dan kemudian didinginkan maka strukturnya berubah. Amilosa, salah satu komponen dalam nasi, mengalami proses retrogradasi saat nasi didinginkan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut