get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Buah Belimbing yang Belum Banyak Orang Tau! Bisa Turunkan Berat Badan dan Imun Tubuh

Alquran dan Sains ungkap Manfaat Ajaran Rasulullah Soal Diet

Minggu, 28 April 2024 | 22:09 WIB
header img
Alquran dan Sains ungkap Manfaat Ajaran Rasulullah Soal Diet (Foto: Freepik)

Seorang dokter dari Arab, Al Harits ibn Kildah, mengatakan bahwa diet adalah pangkal segala obat dan lambung adalah tempat penyakit. “Pangkal kesehatan dan kesembuhan adalah diet,” ujarnya.

Ibnu Qayyim berkata, “Diet ada dua macam; diet dari segala sesuatu yang mendatangkan penyakit dan diet dari segala sesuatu yang menambah penyakit. Pertama adalah dietnya orang sehat dan kedua adalah dietnya orang sakit.” 

Diet yang paling penting adalah diet yang dilakukan oleh orang yang baru sembuh dari sakit, karena kondisi tubuhnya yang belum pulih seperti sediakala. Tubuhnya mungkin sudah terasa fit, namun sistem pencernaannya masih lemah. Apabila ia dipaksa mengonsumsi segala macam makanan justru dapat membahayakan dirinya.

Hal ini menjelaskan larangan Nabi kepada Ali memakan anggur saat Ali baru sembuh dari sakit, yakni merupakan langkah terbaik. Anggur ini bersifat lembap dan basah. Buah-buahan dapat membahayakan orang yang baru sembuh dari penyakit karena sifatnya yang cepat berubah. Sebab, sesuatu yang lembap dapat membebani lambung.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut