get app
inews
Aa Read Next : Wah! Ternyata YouTube Paling Banyak Digunakan Anak di Bawah 12 Tahun, Bagaimana Peran Orang Tua

Puspenpol Sebut Gibran Unggul di Tiktok: FYP Gantikan Posisi X (Twitter) sebagai Referensi

Rabu, 24 Januari 2024 | 10:28 WIB
header img
Puspenpol Sebut Gibran Unggul di Tiktok: FYP Gantikan Posisi X (Twitter) sebagai Referensi menentukan pilihan politik (foto istimewa)

Menurut Adrian, di beberapa negara lain, X (Twitter) sudah mulai ditinggalkan. Data global dari Statista menunjukkan bahwa X (Twitter) berada di peringkat ke-12 dengan 666 juta pengguna. Meskipun begitu, di Indonesia, masih tercatat 18,5 juta pengguna aktif per Juli 2023, menjadikan negara kita sebagai pengguna X (Twitter) terbesar ke-5 di dunia.

Selain itu, jika kita membahas media sosial saat ini, X(Twitter) jauh tertinggal dari TikTok. Menurut We Are Social, pada bulan November 2023, terdapat 106 juta pengguna aktif TikTok di Indonesia, menempatkannya sebagai yang terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat. 

Dalam menyikapi pengaruh besar TikTok, sejak dimulainya kontestasi politik Pilpres dan Pileg 2024, Puspenpol telah melakukan kajian dan memperkuat riset melalui konten dan pengguna TikTok. Bahkan pada Debat ke-4, Puspenpol juga menampilkan Monitoring dan Analisis di Media Sosial, terutama fokus pada TikTok.

Bahkan Di TikTok, kita akrab dengan For You Page (FYP), yang merupakan tujuan pengguna untuk menjadi viral dan populer di platform tersebut. FYP memiliki konsep Trending Topic yang mirip dengan X (Twitter), namun memiliki algoritma atau metode perhitungan yang berbeda. 

Namun, jika dibandingkan dengan X (Twitter), TikTok memiliki pola algoritma yang unik. Pada FYP, jumlah pengikut tidak menjadi faktor utama, karena konten akan didistribusikan berdasarkan minat, riwayat pencarian, dan/atau konten yang telah ditonton sebelumnya. Oleh karena itu, TikTok lebih menarik bagi banyak kreator konten yang belum dikenal di platform media sosial lain. Mereka merasa bahwa TikTok lebih "adil," di mana konten berkualitas dan kreatif dapat mendapatkan perhatian besar dari pengguna, tanpa harus memiliki banyak pengikut.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut