get app
inews
Aa Read Next : Putusan Hukuman Mati Untuk Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Mati di Penjara Seumur Hidup

Mantan Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan Dituntut Hukuman Mati, Ini Profilnya

Sabtu, 03 Februari 2024 | 13:43 WIB
header img
Mantan Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan AKP Andri Gustami hanya terdiam usai dituntut hukuman mati dalam sidang di Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Kamis (2/1/2024). (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsBanten- Mantan Kepala Satuan Reserse Narkoba (Kasat Resnarkoba) Polres Lampung Selatan, AKP Andri Gustami dituntut hukuman mati. Jaksa penuntut umum (KPU) menilai terdakwa terbukti terlibat dalam sindikat peredaran narkoba jaringan internasional, Fredy Pratama.

 Mantan Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan AKP Andri Gustami dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung.

Tuntutan ini disampaikan oleh JPU Kejari Bandarlampung Eka Aftarini dalam sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Bandarlampung, Kamis (1/2/2024).

Dalam tuntutannya, Jaksa menyatakan, Andri Gustami terbukti bersalah atas keterlibatannya dalam jaringan narkoba internasional gembong Fredy Pratama.

"Perbuatan terdakwa telah melanggar hukum. Maka terhadap terdakwa dituntut hukuman mati," kata Eka.

Andri Gustami dikenakan Pasal 114 tentang narkotika juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

JPU Eka mengungkapkan, terdapat hal-hal yang memberatkan Andri Gustami selama mengikuti persidangan.

"Adapun hal-hal yang memberatkan terdakwa yakni terdakwa adalah aparat penegak hukum dan tidak memberikan contoh yang baik ke masyarakat. Terdakwa juga tidak mendukung pemerintah dalam upaya pemberantasan narkoba," ungkapnya.

Menurut Eka, tidak ada hal-hal yang meringankan AKP Andri Gustami selama persidangan. "Hal-hal yang meringankan tidak ada," ucap dia.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut