get app
inews
Aa Read Next : Ternyata ini Manfaat dari Buah Sawo! Kaya Antioksidan dan Bagus untuk Pencernaan Anda

Kemenkes Akan Uji Vaksin TBC Terbaru, Upaya Mengurangi Kematian Akibat TBC Di Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 14:59 WIB
header img
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah ikut uji klinis vaksin tuberkulosis (TBC) terbaru (ist)

SERANG, iNewsBanten - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah ikut uji klinis vaksin tuberkulosis (TBC) terbaru. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ini sejalan dengan transformasi kesehatan, khususnya pilar satu dan pilar enam, yaitu transformasi layanan primer berbasis teknologi informasi dan teknologi kesehatan terkini.

"Berbagai agenda transformasi sistem kesehatan itu sedang dilakukan di Indonesia disertai target-target nyata yang telah dicanangkan,” ucap Menkes Budi dalam Sehat Negeriku laman resmi Kemenkes, Minggu (25/9/2022)

Budi pun mengatakan akan memfasilitasi bilamana diperlukan koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk dengan BPOM untuk pelaksanaan uji klinis di Indonesia.

“Apabila akan dilakukan di Indonesia butuh sejumlah 26.000 orang sampel. Nantinya, akan memerlukan dukungan pemerintah Indonesia terutama koordinasi dengan BPOM,” ujar Mundel

Rencananya vaksin TB terbaru ini akan diproduksi pada 2027. Sekadar informasi, TBC masih menjadi masalah kesehatan dan menempati peringkat 10 teratas penyebab kematian di dunia.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut