get app
inews
Aa Read Next : Sering Makan Pedas! Tak Hanya Berdampak Buruk bagi Kesehatan Lambung, Ternyata Gigi juga Bisa Rusak

Sering Mengeluh Mual di Pagi Hari, Lakukan 6 Cara Ini Untuk Bisa Membantu Meredakan Mual

Sabtu, 06 Mei 2023 | 07:45 WIB
header img
6 Cara Mengatasi Mual di Pagi Hari (ilustrasi)

SERANG, iNewsBanten - Mual bisa terjadi akibat beberapa hal seperti mabuk perjalanan, kehamilan, stres, kekenyangan, keracunan makanan, dan lainnya. Seringkali dibarengi keinginan untuk muntah.

Dikutip dari laporan Insider, mual dikaitkan dengan refluks asam dan makan berlebihan. Ada banyak beredar obat antimual, namun Anda juga bisa mencoba menggunakan bahan alami.

Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengatasi rasa mual.

1. Jahe 

Jahe memiliki antiinfamasi. Senyawanya bisa dengan cepat memindahkan isi lambung ke usus halus sehingga efektif untuk meredakan mual. Sebuah studi mengatakan memakan satu gram jahe per hari selama 5 hari bisa mengurangi gejala mual dan muntah pada kehamilan muda dan pasien kemoterapi. Jahe tersedia dalam bentuk suplemen kapsul. Bisa juga menambahkan sepotong jahe ke dalam teh atau sebagai bumbu rempah makanan. Namun harus dipastikan bahwa Anda tidak "alergi" jahe. Beberapa orang malah semakin kembung ketika mengonsumsinya.

2. Daun mint 

Daun mint memberikan efek menenangkan. Kandungan mentol diduga kuat dalam efek tersebut. Walaupun tidak seefektif jahe, tetapi daun mint bisa dicoba dalam bentuk teh atau minyak aroma terapinya.

3. Makan dalam porsi kecil

Seperti yang dikatakan di awal tadi, salah satu akibat mual adalah kekenyangan. Makan dengan porsi kecil dan usahakan hambar bisa sedikit membantu mengurangi rasa mual. Hindari soda, makanan pedas, jus, dan alkohol. Gantilah dengan bubur atau nasi.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut